Wednesday, December 19, 2012

Jadwal Puasa Sunnah Yang Dianjurkan 2014

Bismillahirrahmanirrahim....
 
Ketika Islam melarang berpuasa pada hari-hari tertentu, maka Islam pun menganjurkan kepada umatnya agar berpuasa pada hari-hari yang Rasulullah sendiri biasa melakukannya. Berikut adalah jadwal 'Puasa Sunnah' sesuai penanggalan Masehi tahun 2014 .
Semoga manfaat.

 

Tuesday, December 18, 2012

Dell Lattitude 10 Tablet


Pasar komputer tablet di Indonesia sudah sesak. Pemainnya beragam, baik lokal maupun global. Rentang harganya pun cukup besar. Meski demikian, vendor komputer tetap saja tertarik untuk terjun di bisnis ini.

Dell, perusahaan asal Amerika Serikat, misalnya, tetap percaya diri untuk memasuki pasar tablet di Indonesia. Sementara jumlah produk komputer tablet untuk end-user sudah bejibun, jumlah tablet untuk perusahaan masih sedikit.

Nah, bermodalkan tablet Latitude 10, Dell turut meramaikan pasar tablet di Tanah Air. “Hampir semua pemain mengeluarkan tablet, tapi tidak semua bisa memenuhi kebutuhan pasar bisnis dan enterprise,” kata Johny Dermawan, Senior Brand Manager Client Product Solutions Marketing South Asia Dell, di Jakarta, Selasa lalu.

Untuk melindungi data sensitif, Latitude 10 dilengkapi dengan hardware terenkripsi, pemindai sidik jari, dan pembaca Smart Card sebagai two-factor authentication. Semua itu cocok digunakan oleh organisasi yang mengutamakan keamanan.

Berbeda dengan tablet pada umumnya, baterai Latitude 10 bisa dilepas. Tersedia dua pilihan baterai: dua cell yang bertahan selama tiga jam dan enam cell untuk enam jam. Juga terdapat docking sehingga tablet dapat berfungsi sebagai laptop.

Sebelumnya, Samsung menghadirkan tablet Windows 8 untuk kalangan profesional, yaitu Ativ Smart PC Pro. Sementara Latitude 10 menjadikan docking dan stylus sebagai aksesori tambahan, pada Ativ PC Pro keduanya terintegrasi dengan tablet.

Selain itu, Ativ PC Pro menggunakan prosesor yang lebih tinggi, yakni Intel Core i5. Tak mengherankan bila perbedaan harga antara Latitude 10 dan Ativ PC PRo terpaut cukup jauh. Di Indonesia, Ativ PC Pro dijual dengan harga Rp 13,5 juta.

Selain tablet, Dell memperkenalkan ultrabook Windows 8 terbarunya, Latitude 6430u. Berbeda dengan pemain lain yang umumnya terlibat dalam adu tipis, ultrabook yang dilapisi material magnessium alloy ini mencoba bersaing dari segi daya tahan.

“Latitude 6430u telah mengalami 16 proses pengujian ketahanan, salah satunya diletakkan pada lingkungan bersuhu 71 derajat hingga minus 51 derajat Celsius,” ujar Johny.

Kedua perangkat ini akan beredar di pasar mulai Januari tahun depan. Harga jualnya mulai US$ 700, atau sekitar Rp 6,7 juta untuk tablet dan US$ 1.500 dan Rp 14,4 juta untuk ultrabook.

SPESIFIKASI

:: Dell Latitude 10

Prosesor: Intel Atom Z2760 1,8 GHz
Sistem operasi: Windows 8 32-Bit/ 32-Bit Pro
Memori: 2 GB DDR SDRAM
Layar: 10,1 inci, IPS 1.366 x 768 Corning Gorilla Glass
Kapasitas simpan: eMMC hingga 128 GB

:: Dell 6430u

Prosesor: Intel i3,i5,i7
Sistem operasi: Windows 7 Home Premium/ Ultimate/ Windows 8
Memori: DDR3 SDRAM 2-8 GB
Layar: 14 inci, HD (1.366 x 768) / HD+ (1.600 x 900)
Kapasitas simpan: Mobility Solid State 256 GB



Friday, December 14, 2012

10 Mobil Paling Banyak Dicari di Indonesia


Jakarta - Di Amerika mobil Ford merupakan mobil yang paling banyak dicari selama tahun 2012. Terus kalau di Indonesia, kira-kira apa ya?

Google merilis laporan akhir tahun Zeitgeist 2012. Laporan ini memuat 1,2 triliun pencarian di 146 negara. Indonesia pun masuk dalam laporan ini.

Dan berikut mobil-mobil yang menempati urutan teratas dalam pencarian di Google tahun ini:

1.     Toyota Agya
 
Di urutan pertama ada Toyota Agya. Meski belum diluncurkan Toyota, mobil murah ini sudah tenar seantero Google. Tidak lain berkat harganya yang murah.

Toyota sendiri baru akan meluncurkan mobil ini begitu kebijakan soal mobil murah dirilis pemerintah Indonesia.
 


2.     Honda Brio
City car teranyar Honda yang dirilis di Indonesia Internasional Motor Show ini merupakan mobil yang paling banyak dicari kedua.

Kemunculannya membuat pasar city car terhenyak, dan dalam waktu singkat Brio menjadi rajanya di segmen ini.
 


3.     Suzuki Ertiga

Mobil ketiga yang menjadi incaran pengunjung internet adalah Suzuki Ertiga. Berkat Ertiga Suzuki kini mencatat angka penjualan yang mengesankan dan bahkan dalam penjualan bulanan sempat menggeser Daihatsu dari urutan kedua.

Mobil MPV seperti Ertiga merupakan salah satu mobil terlaris di Indonesia.
 
 

4.     Mobil ESEMKA

Hausnya minat masyarakat Indonesia pada mobil nasional juga membuat kemunculan mobil Esemka menjadi heboh.

Apalagi mobil ini sempat menjadi mobil dinas mantan Walikota Solo yang kini menjadi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.
 
 

5.     Nissan Evalia

Satu lagi MPV masuk ke dalam daftar top pencarian. Mobil keluaran Nissan yang baru dirilis beberapa bulan lalu ini berada di urutan kelima.

Nissan Evalia semenjak diluncurkan bulan Juni lalu sudah terjual sebanyak 9.156 unit.
 
 

6.     Daihatsu Ayla

Mobil pendamping Toyota Agya, Daihatsu Ayla berada di urutan keenam. Sama seperti Agya, Ayla juga belum diluncurkan Daihatsu karena menunggu aturan pemerintah.

Jika jadi diluncurkan harganya bakal berkisar antara Rp 75-100 jutaan.
 
 

7.     Mitsubishi Outlander

Siapa yang bisa melupakan tampang SUV teranyar Mitsubishi ini. Dengan moncong khas Mitsubishi Lancer, SUV ini langsung memikat perhatian masyarakat Indonesia.
 
 

8.     Tata Nano

Dengan titel mobil termurah sejagat, Tata Nano bersiap masuk ke Indonesia. Tata Motors Indonesia sebagai perusahaan yang memproduksi Nano menyatakan paling cepat mobil mereka ini akan dirilis tahun depan dengan perkiraan harga Rp 90 jutaan.
 
 

9.     Mitsubishi Mirage

Satu lagi mobil Mitsubishi yakni Mirage masuk daftar. Seperti halnya Brio, Mirage juga diminati karena keiritan BBM-nya.

Mobil ini dalam beberapa kesempatan bisa membuktikan keriritan. Yang terbaru ketika dicoba di Denpasar, konsumsi BBMnya mencapai 24,20 km/liter.
 
 

10.  Bentley Mulsanne
            Ini satu-satunya mobil mewah yang masuk daftar. Bentley Mulsanne model terbaru menggunakan  mesin 6.500 cc. Di Indonesia mobil ini dijual sekitar Rp 9 miliar.


Sumber

Wednesday, November 7, 2012

Asiknya Gowes di Kota Tuban

Jika kamu bosen dengan olahraga yang indoor, mungkin olahraga jenis ini bisa menjadi alternatif pilihan lain dalam berolahraga, yups...Gowes. Gowes atau bersepeda sudah menjadi salah satu olahraga yang memiliki banyak penggemar, terutama di kota Tuban, Jawa Timur. Di sini, setiap sabtu pagi atau minggu pagi, terlihat banyak sekali para goweser yang berkeliling kota, ataupun desa-desa. Hal yang menarik adalah karena di Kota Tuban, hampir semua jalan sudah di aspal, bahkan jalan di desa pelosok pun juga di aspal, maupun jalan ke sawah-sawah, wuihhh manteb bener dah pokoknya.
 
 
Di atas adalah poto tim Gowes saya pada saat pertama join club sepeda, hehe....yg mana saya hayoo ?? hehe...nama jalur yang kita lalui adalah "long happiness", nah dari namanya aja udah tau kan gmn gambaran jalur perjalanannya. Kesenangan yang panjang (Kesenangan Tanjakan yang panjang) itu sebenarnya arti dari jalur itu. Ini ada poto tanjakan pertama yang beh beh beh...bahkan pake gear yang paling enteng juga ga kuat ane gan,,(hehe bukan karena ane yang letoy lhooo yaa ^^)
 
 
Ini poto pas udah nyampe atas tanjakannya, yg dibelakangnya itu tanjakan curam dan panjang,,sayang ga ikut kepoto. Setelah appetizer tanjakan ini, jalur selanjutnya adalah tanjakan terus, mungkin kira-kira ada 1 jam an itu nanjak terus jalannya. Ga cocok kalo sepeda yang dipake sepeda offroad, makin teler aja ni kaki jadinya. Haha..tapi seru bro...
Setelah bersepeda cukup lama dengan rute yg nanjak terus, sampailah kita di atas bukitnya, nah dari sini kesengan yang sesungguhnya dimulai, hihihi...karena setelah ini adalah jalur turunan yang panjang...banget dan curam juga, jadi ga boleh ngerem mendadak ntar bisa salto atau ngepot sepedanya.
 

Ini poto saat kita semua udah nyampe di ujung turunan yang pertama,,hehe kliatan nyengir seneng semua tuh karena habis ngebut-ngebutan. Mungkin kecepatannya bisa mencapai 60-80 km/jam an deh,,dan waktunya mungkin sekitar 10 menitan. hehe....

Oia, perkenalkan, sepeda saya adalah Polygon tipe Xtrada 3.0 2013 series (bukan untuk pamer lho ya...karena sepedanya juga ga bagus-bagus amat, sedengan lah buat pemula kayak saya ^^). Pertama liat sepeda ini saya langsung jatuh hati, yawda beli aja. Dan yang paling penting adalah harganya yang masuk di budget,hahaha.....dasar engineer kismin,,hiks hiks....
Ini dia tampangnya si Xtrada 3.0 2013 series


Ngomong-ngomong soal sepeda, nih ada buku panduannya bro kalo mau baca-baca, biar kita ga salah dalam merawat sepeda yang kita sayang. Hehe...klik di sini untuk download.

Bonus poto-poto waktu gowes di tuban


 
 






 

 

Tuesday, November 6, 2012

Menghilangkan Batu Empedu Secara Alami

 
 
Batu  empedu  tak  banyak  dirisaukan  orang, tapi sebenarnya semua perlu tahu karena kita hampir  pasti mengindapnya. Apalagi karena batu empedu bisa berakhir dengan penyakit kanker. "Kanker sendiri tidak pernah  muncul sebagai penyakit pertama" kata Dr.Chiu-Nan.  "Umumnya  ada   penyakit lain yang mendahuluinya. Dalam penelitian di Tiongkok saya menemukan bacaan  bahwa orang-orang  yang  terkena kanker biasanya  ada banyak batu dalam tubuhnya. Dalam  kantung  empedu  hampir semua dari kita mengandung batu empedu. Perbedaannya hanya dalam ukuran  dan jumlah saja. Gejala adanya batu empedu biasanya adalah perasaan penuh di perut sehabis makan. Rasanya kurang tuntas mencernakan makanan.  Dalam  kondisi  parah ada tambahan  rasa nyeri pada ginjal. "Bila anda menduga ada batu pada empedu anda, cobalah cara yang dianjurkan oleh Dr. Chiu Nan untuk  menghilangkannya secara alamiah. Pengobatan  ini  juga  dapat  dipakai bila ada keluhan gangguan hati, karena hati dan kandung empedu saling berkaitan. Tata-cara pengobatannya adalah sebagai berikut :
 
o) Selama  lima  hari   berturut-turut  minumlah  empat  (4)  gelas  sari  buah  apel segar setiap hari,  atau makanlah empat atau lima buah apel segar, tergantung selera anda. Apel  berkhasiat melembutkan batu empedu. Selama masa ini anda boleh makan seperti  biasa.
o) Pada  hari  ke-enam  jangan  makan  malam.  Jam  6  petang,   telanlah  satu sendok teh "Epsom salt" (magnesium sulfat/garam Inggris)  dengan segelas air hangat. Jam 8 malam lakukan hal yang sama. Magnesium  sulfat berkhasiat membuka  pembuluh-pembuluh  kandung  empedu.  Jam  10  malam   campurkan setengah  cangkir  minyak  zaitun  (atau  minyak  wijen)  dengan  setengah  cangkir sari  jeruk  segar.  Aduklah  secukupnya  sebelum  diminum.  Minyaknya   melumasi batu-batu untuk melancarkan keluarnya batu empedu. Keesokan  hari  Anda  akan  menemukan  batu-batu  berwarna  kehijauan  dalam limbah air besar anda.  "Batu-batu ini biasanya mengambang," menurut Dr. Chiu-Nan. "Cobalah hitung  jumlahnya. Ada yang jumlahnya 40, 50 sampai 100 batu. Banyak sekali. Tanpa  gejala apapun Anda mungkin memiliki ratusan batu yang berhasil  dikeluarkan   melalui  metoda  ini,  walaupun  mungkin  tidak  semuanya keluar. Baik  sekali apabila kita sekali-kali membersihkan kandung empedu kita.
 
o) Jenis Apel sebenarnya sama, cuma saya seneng yang manis... Kemaren aku makan Apel RRC yang sering diskon kalau di supermarket harga diskon per 100 gram 800-1000 (biasaya 1600).

o) Minum/makan apel selama 1 hari 4 (rata2)  lima juga boleh.

o) Sebelumnya aku minum Jus asli apel. Cuma butuh waktu  untuk mebuatnya. Akhirnya  selama  5  hari  aku  makan  apel  seger  dari   kulkas,  kulitnya  aku buang.Keran apel sekarang banyak yang dikasih lapisan lilin dan terkontaminasi sama  pestisida jadi  saya buang kulitya, lalu  saya  potong  kecil dan dimasukkan ke kulkas, jadi saat kita  mau makan, apelnya masih seger dan dingin. 
o) Garam  Inggris  beli  di   apotik  harga  Rp  2500  (Tempat  obat)  Minyak  Zaitun kalau  kita  ke   Supermarket  namanya  Olive  Oil,  harga  25-30  ribu  satu  botol.  Di Apotik  juga ada, aku beli di sana karena dekat rumah.Guna Jeruk agar kita tidah  muntah  saat  minum  Minyak  Zaitun,  Jadi  aduk  yang  rata...karena  sebelumnya adukanku  tidak  rata sehingga  eneg lalu  aduk  lagi  biar  tercampur  dengan  rata, karena minyak dan jeruk tidak bersatu atau Berat Jenisnya  beda.

Pokoknya  Subhanallah... 3 Dokter suruh aku Operasi dengan traetment ini keluar batunya.

Tuesday, October 2, 2012

Tips dan Triks menyusun Proposal PKM-P, PKM-K, PKM-T, PKM-M Lolos Dikti

Dalam hal PKM (Proposal Kegiatan Mahasiswa), ide yang bagus saja tidak cukup, karena ide tersebut harus anda tuangkan dalam bentuk tulisan dan dengan format tertentu untuk dapat disetujui untuk didanai. Membuat proposal PKM itu gampang-gampang susah. Tergantung dari keterampilan menulis pembuatnya. Kadang ide yang bagus namun penyampaiannya kurang menarik, juga ga lolos, dan banyak proposal dengan ide sederhana malah lolos didanai karena proposalnya bagus. "Jadi saya mesti gimana nie ? Pengen banget nulis proposal PKM neh ? masak gua mesti makan pulpen sambil bilang wowww 77x gitu ??" hehe....

Sabar bro, semua pasti ada jalan keluarnya, ini ane kasih tips n trik nya gimana cara buat proposal yang bagus n dijamin insya Allah lolos. Tapi sebelum nulis, ente mesti udah punya ide proposal apa yang mau dibuat (tema proposal) dulu ya,,kalo belum punya baca dulu Bagaimana mencari ide buat proposal PKM. Nah, kl udah baca or udah punya, gini nie cara tips n trik membuat proposal PKM.

1. Buatlah judul se-dahsyat mungkin.
Judul proposal adalah kesan pertama yang anda berikan kepada reviewer. Ada iklan mengatakan "kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda". Nah itu memang bener, judul proposal anda adalah yang pertama dilihat. Terkadang reviewernya mensortir proposal dengan hanya melihat judul proposal. Anda bisa bayangkan puluhan ribu proposal yang masuk harus diseleksi oleh hanya 3 orang reviewer. Bisa copot itu mata kalo membaca satu-satu proposal lengkap. Jadi cara yang realistis dan paling mungkin adalah dengan hanya melihat judul proposal. Dari puluhan ribu proposal yang masuk, masuk seleksi tahap pertama (yaitu berdasarkan judul), mungkin akan jadi masuk ribuan saja. Sudah banyak proposal yang berguguran dikarenakan hanya karena judul. Wuihhh penting banget kan judul itu, jangan sampe proposal yang udah capek-capek kita buat ga dibaca isinya cuma karena judulnya kurang menarik. Jadi, judul proposal yang dahsyat adalah WAJIB mutlak bagi para PKM lovers (alah,,,alay banget sebutannya ^^). Kuncinya adalah anda gunakan istilah-istilah keren dari background pendidikan anda, dan masukkan itu ke dalam judul proposal anda. Istilah "Separation" akan lebih menjual daripada sekedar kata "Pemisahan". Tapi bukan harus pake istillah bahasa inggris lho ya...karena ga semua istilah berasal dari bahasa inggris. Ni contoh judul proposal yang dahsyat "Pembuatan emas dari tanah liat". Gimana ? spektakuler kan ?! orang pasti terkesan dan penasaran dengan judul ini, gimana bisa buat emas dari tanah liat ? Haha...padahal caranya ya gampang aja, tanahnya dijual buat beli emas khe khe.... :p

2. Sesuaikan Judul dengan jenis PKM.
Kesesuaian judul PKM dengan jenis PKM adalah hal yang sangat krusial. Jangan sampai kita membuat proposal PKM-P tapi kita malah memasukkanya ke PKM-T. Hal ini dikarenakan biasanya kita rada bingung, ini masuknya PKM-P apa PKM-T ya,,kita pilih PKM-P eh ternyata menurut reviewernya harusnya masuk PKM-T. Udah deh, pasti langsung masuk tong sampah tu proposal, hehe...sadissss. Untuk itu, ada baiknya kita konsultasikan kepada dosen pembimbing atau dosen Univ yang sdh pernah punya pengalaman jd reviewer.

3. Nurut 100% ama format yang ditentukan oleh DIKTI.
Anda harus menuruti benar-benar format penulisan proposalnya, mulai dari font, tata letak, warna sampul, cara njilid, CD soft copy, nama file soft copy, batas kiri-kanan (margin). Yang paling penting yaitu cara penulisan daftar pustaka, ikuti caranya seperti format PKM-GT. Jangan melebihi batas halaman yang diijinkan, biasanya cuma maks 10 halaman. Jadi jangan sampe format anda tidak sesuai dari yang seharusnya. Sangat mudah untuk melihat kesalahan format pada proposal anda. Sama saja seperti anda berada di sekumpulan siswa SMP yang berseragam Biru putih, dan anda berseragam batik sendirian, hehe....

4. Buat anggaran dana yang selogis mungkin
Dalam setiap tahunnya, Dikti memberikan jumlah dana maksimum yang bisa anda dapatkan. Akan tetapi biasanya anda akan mendapat jumlah yang lebih sedikit dari itu. Alasannya adalah untuk pemerataan, sehingga dengan lebih sedikitnya jumlah dana yang diberikan, semakin banyak proposal yang bisa didanai, but....infact, we completely do not know, hehe...
Jika misal Dikti memberikan anggara dana maksimum 10 juta katakanlah, maka anda buat anggaran dana yang mendekati 10 juta lah,, buat 10.1 jt misal. Tapi kl memang anggarannya jauh dibawah jumlah itu, jangan melakukan mark up. Karena pasti ketahuan, mark up si boleh asalkan anda buat sehalus mungkin ya, haha...^^v

5. Fokus pada latar belakang dan Metodologi
Pada seleksi final, dua hal inilah yang akan dibaca oleh riviewer, buat latar belakang anda semenarik mungkin. Sehingga terkesan "wah" dan memberikan mafaat yang besar untuk pengetahuan dan masyarakat. Namun jangan lupa, latar belakang yang "wah" itu harus bisa dijawab oleh metodologi yang baik. Sehingga bukan sekedar omong kosong saja. Ingat, untuk secara keseluruhan hindari kesalahan pengetikan, ejaan maupun istilah.

anyhow, tiap reviewer puya cara sendiri-sendiri dalam menseleksi proposal PKM yang masuk di setiap tahunnya. Semoga anda berhasil :)

nah itu sedikit sharing ilmu untuk anda para PKM lovers,, jangan lupa tinggalkan jejak anda di comment yaa...

Salam
:)
 
 
 
 

Monday, October 1, 2012

Bagaimana mencari ide buat proposal PKM


 
PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) yang diselenggarakan oleh DIKTI merupakan ajang paling bergengsi yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia. Kegiatan ini terdiri dari berbagai macam bidang mulai dari bidang penelitian (PKM-P), teknologi (PKM-T), kewirausahaan (PKM-K), pengabdian masyarakat (PKM-M), gagasan tertulis (PKM-GT) dan artikel ilmiah (PKM-AI). Bidang ilmu yang diijinkan pun beragam, mulai dari kesehatan, MIPA, sosial ekonomi, pendidikan, pertanian, teknologi dan rekayasa, serta humaniora. Terkadang yang menjadi permasalahan utama dalam pembuatan PKM ini adalah bagaimana cara mendapatkan ide penelitian tersebut, benar ??

Berikut akan kita coba bahas bagaiman cara mendapatkan ide dalam membuat suatu karya PKM sehingga bisa menjadi proposal PKM nantinya. Apakah anda sudah siap ?? Kalo begitu mungkin langkah awalnya adalah men-silent hp anda supaya tidak mengganggu konsentrasi anda, hehe (bercanda gan). Ini ni caranya yang bisa dipakai untuk mendapatkan ide,,hehe..

1. Survey lapangan
Ya mau ga mau, kalo bisa ide PKM kita itu nantinya bisa diaplikasikan di masyarakat, dan tentunya apa yang mau kita teliti merupakan masalah yang real terjadi di masyarakat kita. Jadi mau ga mau kita harus survey ke masyarakat utk mengetahui secara pasti apa sih kebutuhan dan masalah di masyarakat?! Survey bukan sekadar jalan-jalan biasa, coba datangi UKM yang ada di masyarakat, pasti anda akan menemukan begitu banyak masalah yang dapat diteliti. Gimana, udah dapet ide ?? kalo belum lanjut ke cara yang kedua deh ya,,

2. Lihat sekelilingmu/ sekitarmu
Apa ada barang yang bisa kamu kembangkan nilai ekonominya ?? Apa ada barang limbah yang bisa kamu daur ulang ? Atau sekedar bagaimana cara mengolah limbah tersebut agar tidak mencemari lingkungan. Bagaimana membuat masyarakat merubah pola hidup berkenaan dengan masalah tersebut. Lihat langsung ke lapangan dan jangan hanya browsing melalui internet, karena inspirasi dari otak akan muncul biasanya ketika kita melihat, merasakan, dan mendengar lingkungan itu "berbicara" menyuarakan masalah yang dihadapinya. Bagaimana mungkin kita bisa mendengar suara lingkungan ?? gila loe yaa ?!  Hahaha....emang siapa yang bilang kita mendengar melalui telinga ? dengarlah suara itu melalui hati,,PASTI bisa :)
 
3. Rajin Baca Jurnal Penelitian yang up to date
Salah satu yang menjadi penilaian besar dalam proposal peneliatian PKM adalah yang memiliki refferensi jurnal internasional, min ada satu saja jurnal internasional maka kemungkinan proposal anda keterima akan semakin besar. "Mau bukti ? aku buktinya.." (itu kl kata maia estianti di iklan d*ve) hehe.....
Dengan kita rajin baca jurnal, maka pengetahuan kita akan new teknlogy akan semakin luas, cari celah untuk mengaplikasikan teknology tersebut ke lingkungan anda, supaya tidak menjiplak, modiv sedikit teknology tersebut, apakah itu variablenya, cara penggunaan, metodology pengetesan hasil dll.
 
4. Sering-seringlah Berkomunikasi dengan Dosen
Dosen adalah orang yang mengajarkan ilmu kepada kita, dia memiliki pengalaman dan wawasan yang jauh diatas kita, percaya deh...kl ga percaya buktiin sendiri aja debat ama dosen, paling-paling dapet nilai E entar, haha...
Dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya, dosen biasanya lebih jeli dalam membaca situasi untuk menemukan masalah dan solusi, keterbatasan yang dimilikinya adalah di tenaga, maka anda dapat menawarkan diri apabila memang dosen tersebut memang membutuhkan tenaga anda. Jalinlah hubungan yang saling menguntungkan antara anda dan dosen anda, buat seolah-olah seperti itu walau sebenarnya tidak (khe khe..). Dosen biasanya akan memberikan ide dasarnya kepada anda, dan anda yang akan melanjutkan pengembangan dari ide tersebut. Buat dia terkesan dengan memberikan banyak inovasi dari anda tentang ide dasar tersebut. Pujilah dosen anda tersebut atas ide yang diberikan kepada anda dan yakinkan dia bahwa anda akan lolos seleksi. Tapi kalo kenyataannya ga lolos yawda,,emang nasib...hehe yang penting usaha dan berdoa dulu ya :)
 
5. Lihat data proposal yang lolos tahun lalu
Dengan melihat data proposal apa saja yang didanai tahun lalu, maka anda akan mendapatkan gambaran mengenai tren proposal seperti apa yang kemungkinan lolos. Misal banyak proposal yang lolos membahas energi itu sebut saja 10 proposal, bandingkan dengan proposal lain yang membahas tema lain, misal obat ada 5 proposal. Dari data ini anda dapat melihat kecenderungan untuk membuat proposal dengan tema ethanol lebih besar peluangnya. Bener begitu kan ?! hehe...
 
Anyway, ada banyak sekali cara memperoleh ide, ga cuma terbatas ama cara2 di atas, yg diatas cuma sebagai gambaran umum saja. Semoga pembaca sekalian mendapat inspirasi dari ocehan saya ini. Semoga sukses untuk PKM yang akan diikutinya, amin...
Kl udah dapet ide, baca juga Tips n Trik membuat Proposal PKM

nah itu sedikit sharing ilmu dari ane,, jangan lupa tinggalkan jejak anda di comment yaa...

Salam
:)
 
Tags : proposal PKM, ide membuat proposal PKM, mencari ide proposal PKM, PKM-P, PKM-K, PKM-M, PKM-T, PKM-GT, PKM-AI
 
Pengalaman ikut PKM : sudah lolos proposal 3 kali, leader 2 kali, lolos PIMNAS nya yang belum, hehe...
 
 
 
 
 
 

Friday, August 31, 2012

Manfaat Buah-Buahan Bagi Tubuh

Buah adalah salah satu makanan penting bagi tubuh kita, karena di dalam buah terdapat banyak kandungan Vitamin dan zat lain yg diperlukan tubuh. Berikut ini saya sampaikan manfaat dari beberapa buah yang biasa kita temui di Pasar.
 
A. DELIMA
Di Irak dan Iran, jus delima yang dibuat kumur terlebih dahulu sebelum diminum membantu  membersihkan  mulut  dan  gigi,  serta  mencegah  infeksi  sehingga membantu  menghilangkan  bau  mulut  yang  tidak  sedap.  Memakan  dengan perlahan-lahan buah delima dan mengeluarkan bijinya dapat menjernihkan suara yang    serak    dan    menghindari    kekeringan    tenggorokan.    Manfaatlainnya, kandungan zat tanin dalam buah delima dapat membius cacing gelang,  cacing kremi dan cacing pita dalam usus sehingga mereka dapat dikeluarkan melalui air besar. Cara ini sudah biasa digunakan oleh penduduk Mesir dan Vietnam.
 


B. TOMAT
Jus tomat segar sangat membantu pembentukan glycogen dalam liver. Menurut penelitian  ditemukan  bahwa  jus  tomat  menyeimbangkan  fungsi  liver  dengan cepat  dan  dengan  demikian  berarti  menjaga  stamina  tubuh  dan  menyehatkan badan. Garam mineral yang kaya dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang  aliran  air  liur  sehingga  memungkinkan  makanan  dicerna  dengan baik.  Konsumsi  tomat  yang  teratur  membantu  mengobati  penyakit    anoreksia
(kehilangan nafsu makan).
 


C. SEMANGKA
Terlalu   banyak   mengkonsumsi   daging-dagingan,   manis-manisan,   goreng-gorengan,  kopi  dan  minuman  ringan  sering  membuat  darah  terlalu  banyak kandungan  asamnya  dan  mengakibatkan  bintik-bintik    merah  di  kulit.  Jus semangka  akan  merontokkan  asam  tersebut  dan  memperbaiki  kandungan darah.  Bagi  penderita  diabetes,  mengkonsumsi  secara  teratur  jus  semangka dapat menjaga meningkatnya gula darah. Kelebihan kandungan asam urik dalam tubuh yang menyebabkan arthritis, encok dan keracunan urea dapat dihilangkan dengan meminum jus semangka secara teratur dua kali sehari. 
 
 


D. KELENGKENG
Buah  ini  banyak  mengandung  sukrosa,  glukosa,  protein,  lemak,  asam  tartaric, vitamin A dan B. sebagai salah satu sumber energi, buah yang sangat manis ini berguna  untuk  meningkatkan  stamina  sehabis  sakit.  Kelengkeng  sangat  baik untuk  memenuhi  kebutuhan  energi  bagi  wanita  hamil  yang  lemah  atau  setelah melahirkan.  Memakan  buah  ini  secukupnya  secara  teratur  dapat  menambah nafsu  makan,  mencegah  anemia  dan  pemutihan  rambut  dini.  Selain  Itu  akan mempercepat  kesembuhan  luka  luar.  Awas,  konsumsi  secukupnya  saja,  kalau kelebihan, akan membuat tubuh menjadi panas akibat kelebihan energi. 

 
E. BELIMBING
Meminum  atau  memakan  buah  belimbing  dan  menelannya  secara  perlahan dapat  mencegah  dan  mengatasi  infeksi  mulut  dan  tenggorokan.  Campuran belimbing  dan  madu  juga  dapat  membantu  mencegah  dan  mengatasi  kencing batu.
 
 
F. LECI
Selain  kandungan  protein,  lemak,  vitamin  C,  fosfor,  dan  zat  besi,  buah  leci mengandung  sukrosa  dan  glukosa  yang  melimpah.  Mengkonsumsi  buah  leci  pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya.
 


G. KELAPA
Air  kelapa  mengandung  sukrosa,  fruktosa,  dan  glukosa,  sedangkan  dagingnya selain  tiga  hal  di  atas  juga  mengandung  protein,  lemak,  vitamin  dan  tentunya minyak  kelapa.  Meminum  air  kelapa  muda  dan  memakan  dagingnya  dapat mengurangi kegerahan, mulut kering, demam dengan kehausan serta diabetes. Selain  itu,  minum  air  kelapa  muda  dipercaya  membuang  racun  dalam  darah. Perhatian,  terlalu  banyak  minum  air  kelapa  muda  menyebabkan  sedikit rasa lemas  sementara.  Bagi  yang  memiliki  gangguan  tulang  jangan  mengkonsumsi banyak air kelapa. Buah-buahan merupakan sumber makanan alami yang paling siap untuk langsung dikonsumsi manusia,  sayang  kadang  kala  dilupakan. Dengan  penjelasan di atas, semoga buah-buahan tidak lagi dilupakan sebagai makanan  yang  wajib dikonsumsi.
 
 
 
Nah,,gimana ?? Oke banget kan manfaatnya buah-buahan ini :)
hehe....jadi pada rajin makan buah yaa....selain enak, sehat juga buat tubuh.
 

Wednesday, August 8, 2012

Manfaat Posisi Tidur Miring Ke Kanan

Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk Tidur membujur ke Utara dan miring kekanan (menghadap ke Barat), seperti posisi Jenasah ketika dimakamkan di Liang Lahat. Mengapa ?? Ini dia rahasianya :)

Tidur dengan posisi miring ke kanan merupakan posisi tidur yang benar dan tepat. Ukuran paru-paru sebelah kiri lebih kecil daripada paru-paru sebelah kanan. Karena itu, jantung menahan beban yang lebih sedikit dan lever pun berada dalam kondisi stabil dan tidak menggantung. Lambung juga berada dalam kondisi nyaman. Posisi seperti ini membantu mempercepat proses pengosongan lambung.

Tidur dengan posisi miring ke kanan merupakan praktik kedokteran yang paling berhasil. Posisi ini juga memudahkan sekresi yang berupa cairan lendir pada bronkus (cabang paru-paru) sebelah kiri.

Ditambah, terjadinya pembesaran paru-paru sebelah kiri dan bukan paru-paru sebelah kanan disebabkan oleh posisi bronkus yang berbeda. Bronkus sebelah kanan posisinya menyamping sehingga lendir mudah dikeluarkan, sedangkan bronkus sebelah kiri posisinya vertikal sehingga lendir lebih sulit dikeluarkan sebab harus didorong ke atas. Jika dibiarkan, hal ini dapat mengakibatkan terjadinya penimbunan lendir di batang tenggorokan yang mengakibatkan pula munculnya gangguan pada paru-paru dan organ pengeluaran, seperti ginjal. Karena itu pengobatan paling mutakhir untuk mengatasi masalah tersebut adalah tidur dengan posisi miring ke kanan.


Manfaat tidur miring kekanan:

1. Mengistirahatkan otak sebelah kiri
2. Mengurangi beban jantung.
3. Mengistirahatkan lambung.
4. Meningkatkan pengosongan kandung empedu, pankreas.
5. Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi.
6. Merangsang buang air besar (BAB).
7. Mengisitirahatkan kaki kiri.
8. Menjaga kesehatan paru-paru.
9. Menjaga saluran pernafasan.                     
10.Mencegah serangan jantung sewaktu tidur.


Memang sungguh luar biasa ajaran nabi, selalu ada rahasia manfaat dari setiap ajarannya. OKI, yukk kita perbanya menjalankan sunnah nabi :) Selain dapet pahala, pasti juga bakal dapet manfaat nyata yang bisa kita rasakan.

Salam...

Friday, July 27, 2012

Kilang Minyak Blok Diagram

Pas lagi senggang, iseng belajar tentang Crude Refinery Configuration deh,, and ini salah satu contohnya. Crude refinery configuration itu bisa macem-macem, tergantung concern dari masing-masing perusahaan yang ingin dikedepankan. Dan juga dengan mempertimbangkan kondisi bahan baku dan produk yang diinginkan (bisa Mogas, Jet-E1, Gas Oil dll). Dibawah ini salah satu contoh Kilang Minyak Blok Diagram yang mungkin bisa buat belajar bersama.


Refinery (kilang minyak) terdiri dari beberapa unit proses. Diantaranya akan dijelaskan secara singkat sebagai berikut :

1.      Crude Distillation Unit (CDU)
Crude Distillation Unit (CDU) adalah unit yang berfungsi untuk pemisahan awal fraksi minyak mentah berdasarkan range titik didih masing-masing komponen. Feed berupa Crude Oil (minyak mentah) mula-mula diumpankan ke dalam Atmospheric Distillation Column untuk dipisahkan antara Fuel Gas (FG), Naphtha, Kerosene, Light Gas Oil, Heavy Gas Oil, dan Atmospheric Bottom Product (ABP) berdasarkan perbedaan titik didihnya. Produk atas berupa FG akan dikirim menuju FG system yang mencakup amine treating dan LPG Recovery. Side cut berupa Naphtha kemudian akan diolah lebih lanjut di Unit NHT. Kerosene dan Light Gas Oil kemudian akan diolah di unit Hydro Desulfurization (HDS) unit. Heavy Gas Oil dipisahkan dan akan diolah di Unit Fluidized Catalytic Cracking (FCC) sebagai feed. Sedangkan ABP kemudian dimasukkan sebagai feed Vacuum Distillation Unit (VDU).
2.      Vacuum Distillation Unit (VDU)
Vacuum Distillation Unit berfungsi sebagai unit pemisah sama seperti Atmospheric Distillation Unit, hanya saja yang berbeda adalah tekanan operasi Kolom Destillasinya dibuat vakum. Unit ini berfungsi untuk memisahkan fraksi Light Vacuum Gas Oil (LVGO), Medium Vacuum Gas Oil (MVGO), Heavy Vacuum Gas Oil (HVGO), dan Residue. Side cut produk berupa LVGO dan MVGO selanjutnya akan diolah lebih lanjut di Unit FCC, dan HVGO akan menjadi salah satu feed Hydrocracker Unit, sedangkan bottom product berupa Residue dibagi 2, sebagian diolah di Unit Delayed Coker, dan sebagian diolah ke Unit Asphalt Blowing.

3.      Naphtha Hydrotreating Unit (NHT)
Naphtha Hydrotreating Unit (NHT) berfungsi untuk menghilangkan dan atau mengurangi kadar sulphur, nitrogen, metal dan contaminant lain yang ada di Naphtha. Naphtha yang sudah dihilangkan kontaminannya (Sweet Naphtha) kemudian dipisahkan di Splitter untuk dipisahkan antara FG, Light Naphtha (LN) dan Heavy Naphtha (HN). Produk atas berupa FG kemudian akan dikirim ke FG system dan Light Naphtha dikirim langsung ke Gasoline Pool sebagai campuran Mogas Blending. Sedangkan produk bawah berupa Heavy Naphtha diolah lebih lanjut pada Unit Reformer.

4.      Hydro Desulfurization Unit (HDS)
Hydro Desulfurization Unit (HDS) berfungsi untuk menghilangkan dan atau mengurangi kadar sulphur dan contaminant lain yang ada pada feed Hydrocarbon. Terdapat 2 Unit HDS, HDS-1 untuk feed Kerosene dan HDS-2  untuk feed Light Gas Oil (LGO), Light Coker Gas Oil (LCGO) dan Light Cycle Oil (LCO). Untuk HDS-1, produknya berupa Kerosene dengan kadar sulfur max 0.2 %wt. Sedangkan untuk HDS-2 produknya adalah Gas Oil dengan kadar sulfur max 50 ppm. FG dari HDS-1 dan HDS-2  kemudian akan dikirim ke FG system.

5.      Fluidized Catalytic Cracking Unit (FCC)
Fluidized Catalytic Cracking Unit (FCC) merupakan Unit proses yang berfungsi untuk mengubah Hydrocarbon (HC) rantai panjang menjadi HC rantai pendek dengan bantuan katalis dalam Reactor Fluidized.
Di dalam unit FCC, juga include Unit HDS untuk menghilangkan contaminant sulfur dan metal sebelum masuk ke dalam reactor, agar katalis tidak teracuni. Produk atas berupa FG dikirim ke FG system, FCC Gasoline (yang merupakan produk utama) dikirim ke Gasoline Pool untuk menjadi Mogas Blending component. Sidecut berupa Light Cycle oil (LCO) dikirim ke HDS-2 sebagai feed dan Heavy Cycle Oil (HCO) dikirim ke Unit Hydrocracker sebagai feed. Sedangkan produk bawah berupa Heavy Fuel Oil (HFO) dikirim ke FO Tank sebagai produk akhir.

6.      Hydrocracker Unit
Hydrocracker Unit merupakan unit proses yang berfungsi untuk memotong HC rantai panjang menjadi HC rantai pendek dengan bantuan gas Hidrogen. Feednya berupa HVGO, HCO, dan Heavy Coker Gas Oil (HCGO). Produk atas berupa FG dikirim ke FG system dan Hydrocracked Gasoline dikirim ke Gasoline pool. Sedangkan produk bawah berupa LCGO dikirim ke Gas Oil Tank.

7.      Delayed Coker
Delayed Coker merupakan unit proses yang berfungsi untuk memotong HC rantai panjang menjadi HC rantai pendek. Feed berupa residue, produk bawah VDU, yang banyak mengandung wax dan asphalt. Di Unit ini dihasilkan produk atas berupa FG yang akan dikirim ke FG system, Coker Naphtha yang dikirim ke Unit Reformer, Side cut produk berupa Light Coker Gas Oil (LCGO) dikirim ke HDS-2 sebagai feed, Heavy Coker Gas Oil (HCGO) dikirim ke Unit Hydrocracker sebagai feed. Produk samping dari Unit ini adalah terbentuknya coke.

8.      Asphalt Blowing Unit
Asphalt Blowing Unit menghasilkan asphalt dari bahan baku Reisdue VDU.

9.      Reformer Unit
Reformer Unit adalah unit yang berfungsi untuk merubah senyawa HC non-aromatic menjadi senyawa HC aromatic. Termasuk di dalam Unit ini adalah Coke NHT dimana feednya berupa Coker Naphtha. Umpan Reformer berasal dari produk bawah NHT unit yaitu HN, Coker Naphtha. Produk dari Unit ini adalah FG dan Refformate. FG sebagai produk atas akan dikirim ke FG system sedangkan Refformate sebagai produk bawah akan dikirim menuju Gasoline Pool sebagi Mogas Blending Component.

10.      Sulfur Plant
Unit ini berfungsi untuk menrecovery sulfur dari Gas Plant.
Hehe...cuma itu dulu yg saya tahu,,kl ada yang salah mohon dimaafkan :)



Thursday, July 19, 2012

Gasoline and Driving Performance Explanation

Most country in this world very depend on fuel oil for their industrial or transportation activities. One of the most important fuel is Gasoline. Here is short hystory of Gasoline :

In May 1876, Nicolaus Otto built the first practical four-stroke-cycle internal combustion engine powered by a liquid fuel. By 1884, he concluded development of his engine with the invention of the first magneto ignition system for low-voltage ignition. The liquid fuel used by Otto became known as gasoline in the United States; elsewhere it may be known as gasolina, petrol, essence, or benzin (not to be confused with the chemical compound benzene).



Many people know about Gasoline just as a fuel engine or fuel car, only few people know and understand that Gasoline keep an amazing secret to be learn. And you know what ? here is the secret :

1. Because gasoline almost always performs well, drivers forget what a sophisticated product it is.   
    More thought would reveal a demanding set of performance expectations:
  • An engine that starts easily when cold, warms up rapidly, and runs smoothly under all conditions.
  • An engine that delivers adequate power without knocking.
  • A vehicle that provides good fuel economy and generates low emissions.
  • A gasoline that does not add to engine deposits or contaminate or corrode a vehicle’s fuel system.
2. Volatility

Driveability describes how an engine starts, warms up, and runs. It is the assessment of a vehicle’s response to the use of its accelerator relative to what a driver expects. Driveability problems include hard starting, backfiring, rough idling, poor throttle response, and stalling (at idle, under load, or when decelerating).The key gasoline characteristic for good driveability is volatility – a gasoline’s tendency to vaporize. Volatility is important because liquids and solids don’t burn; only vapors burn. When a liquid appears to be burning, actually it is the invisible vapor above its surface that is burning. This rule holds true in the combustion chamber of an engine; gasoline must be vaporized before it can burn. For winter weather, gasoline blenders formulate gasoline to vaporize easily. Gasoline that vaporizes easily allows a cold engine to start quickly and warm up smoothly. Warm-weather gasoline is blended to vaporize less easily to prevent engine vapor lock and other hot fuel handling problems and to control evaporative emissions that contribute to air pollution.

It is important to note that there is no single best volatility for gasoline. Volatility must be adjusted for the altitude and seasonal temperature of the location where the gasoline will be used. Later, this chapter will explain how gasoline specifications address this requirement. Three properties are used to measure gasoline volatility in the United States: vapor pressure, distillation profile, and vapor-liquid ratio. A fourth property, driveability index, is calculated from the distillation profile. Instead of a vapor-liquid ratio, a vapor lock index is used outside the U.S. to control hot fuel handling problems.

3. Vapour Pressure

With respect to gasoline, vapor pressure (VP) is the single most important property for cold-start and warm-up driveability. (Cold-start means that the engine is at ambient temperature, not that the ambient temperature is cold.) When gasoline vapor pressure is low, an engine may have to be cranked a long time before it starts. When vapor pressure is extremely low, an engine may not start at all. Engines with port fuel injection (see page 66) appear to start more readily with low vapor pressure fuel than do carbureted engines. Vapor pressure varies with the season; the normal range is 48.2 kPa to 103 kPa (7 psi to 15 psi). Higher values of vapor pressure generally result in better cold-start performance, but lower values are better to prevent vapor lock and other hot fuel handling problems.

4. Distillation profile

Gasoline is a mixture of hundreds of hydrocarbons, many of which have different boiling points. Thus gasoline boils, or distills, over a range of temperatures, unlike a pure compound; water, for instance, boils at a single temperature. A distillation profile, or distillation curve, is the set of increasing temperatures at which gasoline evaporates for a fixed series of increasing volume percentages (5 percent, 10 percent, 20 percent, 30 percent and so on) under specific conditions (see page 48). Alternatively, the profile may be the set of increasing evaporation volume percentages for a fixed series of increasing temperatures. Figure 1.1 shows the 2008 U.S. average distillation profiles of conventional summer and winter gasolines. A distillation profile is also shown for a summer reformulated gasoline (RFG) containing ethanol.

Various ranges of a distillation profile correlate with specific aspects of gasoline performance.
Front-end volatility is adjusted to provide:
  • Easy cold starting.
  • Easy hot starting.
  • Freedom from vapor lock or other hot fuel handling problems.
  • Low evaporation and running-loss emissions.
Midrange volatility is adjusted to provide:
  • Rapid warm-up and smooth running.
  • Good short-trip fuel economy.
  • Good power and acceleration.
  • Protection against carburetor icing and hot-stalling.
Tail-end volatility is adjusted to provide:
  • Good fuel economy after engine warm-up.
  • Freedom from engine deposits.
  • Minimal fuel dilution of crankcase oil.
  • Minimal volatile organic compound (VOC) exhaust emissions

5. Vapor Lock and Hot Fuel Handling Problems

Vapor lock and hot fuel handling problems occur when excessive gasoline vapor accumulates somewhere in the fuel system of a vehicle and reduces or interrupts the fuel supply to the engine. This may take place in the fuel pump, the fuel line, the carburetor, or the fuel injector. When the fuel supply is reduced, the air-fuel ratio becomes too fuel-lean (too much air for the amount of fuel), which may cause loss of power, surging, or back firing. When the fuel supply is interrupted, the engine stops and may be difficult to restart until the fuel system has cooled and the vapor has recondensed. After a hot soak (engine shutdown), it may be difficult to start the engine if too much vapor has formed in the fuel system. Overheated fuel or overly volatile fuel is the main cause of vapor lock. Fuel temperature depends on several factors: the ambient temperature, how hard the vehicle is working, how well the fuel system is isolated from the heat of the engine, and how effectively the fuel system is cooled.

6. Carburetor Icing

Carburetor icing occurs when intake air is chilled below the freezing point of water by evaporation of gasoline in the carburetor. Ice forms on the throttle blade and in the venturi and can interrupt carburetion, causing an engine to stall. Icing can be acute when the air is moist (70 percent or higher relative humidity) and the ambient temperature is between 2°C and 13°C (35°F and 55°F). These weather conditions are common during the fall, winter, and spring in many parts of the U.S., and they can last well into the summer in some coastal regions. Carburetor icing is not a problem when the intake air temperature is below freezing because the air is too dry. The extent of carburetor icing does not depend on weather alone. It also involves carburetor and vehicle design and the mechanical condition of the engine, in particular, those components that affect warm-up time, such as thermostats, automatic chokes, intake air heaters, and heat risers. Icing also involves gasoline volatility. The 70 percent evaporated temperature in the distillation profile is a good index  to measure the tendency of a gasoline to cause carburetor icing; the lower this temperature, the more severe the icing. Carburetor icing is not as big a problem as it used to be. For emission control reasons, most carbureted engines built since the late 1960s have been equipped with intake air-heating systems that generally eliminate carburetor icing. Today the problem is minimal because fuel-injected vehicles have replaced most carbureted vehicles.

Source : Chevron