Friday, November 21, 2014

Lirik Lagu Masha and the Bear. Complete

Haaah....akhirnya setelah googling ketemu juga lirik lagu Masha and the Bear, hehe...
Secara saya suka banget kartun ini,, lucu n ngegemesin tingkahnya si Masha, walaupun nakal, tp dia sayang sama si Bear. Dan satu lagi, semua masalah yang dibuat Masha endingnya pasti menjadi amazing :)
 
Oke deh, enjoy yaa...
 
1. Pesenka Pro Varen’e
 

(foto: animaccord studio)

Saat masha sedang membantu beruang membuat makan malam
Lirik/syair lagunya:
Aha!
Tut u nas stolpotvorenbiem
Eto ia stolpotvoriu
Eto varitsia varenbiem
To estbia ego variu
Chto na griadke uroditsiam
Chto na dereve rastyot
Vsyo dlia dela prigoditsia
I v varenbe popadyot

Naberu-ka ia korenbiev
Cyroiezhiek natashu
Dazhie shishechnym varienbiem
Ia medvedia ugoshu
Ukh, siegodnia nastroienbiem
Umenia barennnoiem
Ty varisbmoyo varen’e
Nieobyk noven noiea!

 
2. Pesenka Pro Sledj
 
(foto: animaccord studio)
 
Saat masha menebak jejak kaki hewan
 
Lirik lagunya:
 
Zvieria po sliedam liuvogoa
Uznavatb umeiu ia
I Zhirafa i korovu
I zhuka i vorobia!
Chbi ieto sledy petliaiut
Okolo lesnykh Dorog?
Eto po lesu guliaiut
Nosovraz i dikorog
 
Niet..a ne to..postoyte...a chto-to...
Nie drugoy li zverbkhodil...
Aaa!!! Ieto sled ot Krokomota!
Ili ieto bieriedil?
 
Niet, konechno...Da! Konechno!
Budb uvierien, nie gaday!
Po poliane khodiat snezhnoy
Popukan i Pieliegay
 
Zveria po sledam liuvogoa
Uznavatb umeiu ia
I zhukafa ivorovu
I konechno korobia
 

3. Pesenka Pro Konki
 
(foto: animaccord studio)

Saat masha dan beruang bermain rollerblade di musim salju
 
Lirik Lagu:
Pod smiekh rebiach'ikh staek
Na rechke lyod nie taet
A liudi probegaiut, priacha nos vvorothiki
Vsem doma nie siditsia
I smekh, kak cneg iskritsia
Kogda igraiut vsalochki vesyolye konbki
 
Vsniezhinkakh slovno vzvezdakh
Serebrianbim stal bozdukh
No vopreki morozu
Svoey leni voprieki
Biegi Kdruzbiam na rechku
Shnuruy konbki pokrepiche
Na lbdu vedb trudno sdelatb
Tolbko pervye shagi
 
Pustv muzyka igraet!
Pustv smekh ne zamolkaet!
Vglazakh detey siiaiut
veselbia ogonbki
Pustb radostb nie pogasnet
Na lbdu segodnia prazdnik
I vsyo Bystrey vpiered letiat viesyoye konbki!
 
 
4. Pesenka O Chistote
 
(foto: animaccord studio)

Saat beruang menyuci pakaian marsha
Lirik lagu:
Ni odna na svete koshka
Ne kosnyatsia molochka
Esli prezhde ne umyta akkuratno mordochka!
Mamy uchat mytv kopyttsa
Neposlushnykh porosiat
Vot idut oni kkoryttsu Piatachki u nikh blestiat!

Reff:
Esli utrom deti umyvaiutsia
Solntse vnebe iarche ulybaetsia.
Takzhe nado znatv konechno
Chto boleiut'chasto te
Kto zhivyt vgriazi i pyli
Kto zabyl o chistote.
Myzhs toboiu vsy zhe liudi
Vedb ne zria tak govoriat
Neuzheli Myzhe budem budem khuzhe porosiat?

Reff
 
5. Pesenka Tri Zhelaniya
 
(foto: animaccord studio)
 
Saat beruang memancing
 
Lirik lagu:
Kto skazal, chto chuda zhdatb nelepo?
v serdtse budiet zhitb mechta poka,
Po lazurnoy akvareli nieba,
Budut plytb, kak rybki oblaka.

Na udachu vybieri nazhivku
Hos bie vieshay, iesli nie kliuiet
Vdrug poymaietsb zolotuiu rybku?
Zto znachit - tochno povieziet!

I bo sne takoie ne prisnitsia
Tri Zhelaniya zagaday smieliey!
Nie zabud sdruzbiyami podelitsiya
Vied chudies nie zhalko dia druziey

Bieselieie piesienka poietsa,
Esli lietnim utrom nad riekoy,
Solnytsko vladotskakh rassmieietsia,
Luchikami rybki zholotoy!

I bo sne takoie ne prisnitsia
Tri Zhelaniya zagaday smieliey!
Nie zabud sdruzbiyami podelitsiya
Vied chudies ne zhalko dia druziey


6. Pesenka Pro Druzhbu
(foto: animaccord studio)

Saat beruang diselingkuhin bibi gara - gara beruang rival
Lirik lagu:Zazvienel ruchiey, i slyshno
Kak trieshchit na riechkie lyod
I kapiel's promokshiey kryshi
Nam za shivorot tiechiet!
Riezka razlilas' naprasna
Ey druziey nie razluchit'!

Nu a vmiestie nam nie strashna
Dazhie noti promochit'

Soliiechnyie zaychiki
Prygayut po luzham
Ruchiek svierkaiet
Lientoy goluboy
Kapli razlietayutsia
Bryzgami viesnushiek
Tol'ko druzhbu kriepkuyu
Nie razlit' bodoy

Nie bieda, kogda grokhochiet
Nad biesieniey roshchiey grom
Esli dokhdik nas promochit
Nam i eto nipochyom
Raduga bliestit nad liesom
Svietit solntsie dlia druziey
I visieloy nazhiey piesnie
Podpievaiet soloviey!

Soliiechnyie zaychiki
Prygayut po luzham
Ruchiek svierkaiet
Lientoy goluboy
Kapli razlietayutsia
Bryzgami viesnushiek
Tol'ko druzhbu kriepkuyu
Nie razlit' bodoy



7. Pesenka Ikalka Iz Mul'tfil'ma
(foto: animaccord studio)

Saat Masha ceguk cegukan.
 
Lirik lagu:Govoriat, chto esli
Kto-nibud' ikaiet
eto znachit, chto iego
kto-to vspominaiet
Esli Eto vsamom dielie
Vsamom dielie tak
To proshu minya nie vspominat' nikak

Chto takoie kazhdy mig
Tol'ko ik, ik, ik
I otkuda oh voznik
Etot ik, ik, ik
I otkuda, i otkuda
On boznik

Odolielii iki
Nadoieli iki
I ni piet', ni govorit'
Stali vsie zaiki
Podskaritie, podskazhitie
sposob nie ikat'
Netu bol'shie moikhsil iego iskat'

Chto takoie kazhdy mig
Tol'ko ik, ik, ik
I otkuda oh voznik
Etot ik, ik, ik
I otkuda, i otkuda
On boznik

 

8. Pesenka Novogodneja

 
(foto: animaccord studio)

Saat masha merayakan tahun baru dan membagikan kado bersama beruang.
Lirik lagu:K nam na praszdnichuyo yolku
Zhdyom gostiey raznukh miest
Bsie nie sierdyatsya niskol'ko
Nikogo nikto nie iest
Dazhie snieg biezhit vpripruzhku
A nie prosto tak idyot
Otkruvaietsya, kak knizhka
Nash viesyoluiy Novuiy god

Vsie v khoroshiem nastroien'e
I kolyochki spryatach yozh
I na obshchiiy dien' rozhdien'ya
Etot chudnuiy dien' pohozh
Chuzhi iest'?
Vstavaiy na chuzhi!
Pospievaiy! Chieti! Skachi
Chtobu bieluiy, chyo rnuiy ruzhiiy
Drug podarok poluchil

Beluiy snieg iskritsya yarko
I podarka kazhduya zhdyot
Potomu chto biez podarkov
Nie buvaiet Novuiy god

Snieterpieniem zhdyom prazhdnik
Chtob podarok poluchit'
No priyatniee porazdo
Samomu iego darit'!

No priyatniee porazdo
Samomu iego darit'!
 

Wednesday, August 6, 2014

Pengaruh Cuaca Ekstrim pada Ikan dan Cara Mengatasinya

July 2014, cuaca sudah mulai terasa ekstrim untuk budidaya ikan. Siang hari yang sangat terik dan malam hari yang sangat dingin membuat fluktuasi suhu air menjadi sangat tinggi. Akibatnya, ikan menjadi terganggu, nafsu makan berkurang drastis, kolam penuh dengan lumut yang menambah permasalahan karena akan berebut oksigen dengan ikan pada malam hari, yang akibatnya pada pagi hari ikan menjadi lemas dan tidak mau makan. Yups...masalahnya berantai :)

Tentunya kita tidak bisa begitu saja menyalahkan alam, karena itu adalah kehendak Allah swt. Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha, dan hasilnya Allah yang menentukan. Pertanyaannya, apa usaha kita untuk mengatasi cuaca ekstrim ini ?

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah ini, mulai dari penggunaan jerami dan kulit padi pada dasar/pondasi kolam terpal, penggunaan heater pada malam hari, meninggikan permukaan air atau menggunakan tanaman peneduh atau paranet. Setiap solusi mempunyai kelemahan dan kelebihan masing2 dan menyesuaikan dengan konstruksi serta kondisi kolam.

Enceng Gondok sebagai peneduh kolam

Penggunaan Paranet

Semoga bermanfaat

 

Friday, July 4, 2014

Cara membuat probiotik sendiri

Probiotik adalah cairan yang berisikan bakteri/ jamur baik seperti Lactobacillus sp, Saccaromyces sp dll yang tujuannya adalah untuk mengurai amoniak dalam kolam dan memperbaiki pencernaan ikan. Penggunaannya bisa dilarutkan ke dalam air kolam, atau dicampur dengan pakan. Contoh-contoh probiotik yang banyak dijual dipasaran adalah EM4, Raja Lele, GDM, Probiofish dll.

Penggunaan probiotik dalam budidaya ikan sangat dianjurkan, dan diyakini dapat meningkatkan keuntungan karena ikan jadi lebih sehat dan kualitas air jadi lebih terjaga serta dapat menekan fcr. Permasalahannya adalah untuk 1 liter probiotik, harga paling murah saat ini adalah Rp 15.000, lumayan mahal juga sebenernya.
Nah, untuk itu saya mau berbagi ilmu buat kawan-kawan pembudidaya ikan bagaimana membuat probiotik sendiri.

Sebelumnya mohon maaf jika ada yang kurang berkenan.

  1. Persiapan alat dan bahan (Alat : ember cat/ jerigen 10 L, 1 set aerator, penutup, starter probiotik, dedak halus, air kelapa, gula/tetes tebu, ragi tape, air bersih)
  2. Tuangkan dedak halus sebanyak 1 kg kedalam ember cat/ jerigen, isi dengan air bersih setengah volume wadah
  3. Jika menggunakan tetes tebu, rebus tetes tebu sebanyak 1 L yang sudah dicampur sedikit air hingga mendidih. Angkat lalu dinginkan. Jika menggunakan gula, cukup dilarutkan saja 2 kg gula pada air dingin
  4. Masukkan starter probiotik sebanyak 1 gelas (200 cc) kedalam wadah tadi, aduk merata
  5. Masukkan 2 butir ragi tape yang sudah dihaluskan
  6. Masukkan tetes tebu yang sudah dingin/ larutan gula kedalam wadah, aduk merata
  7. Tambahkan air hingga mencapai 80% volume wadah
  8. Hidupkan aerator 1 titik, lalu tutup agar tidak ada debu yang masuk
  9. Biarkan selama 3 x 24 jam, probiotik akan jadi apabila sudah tercium bau wangi tape
  10. Matikan aerator, pindahkan probiotik yang sudah jadi tadi kewadah lain yang bisa ditutup rapat (ampas biarkan ikut)
  11. Probiotik siap digunakan
1 botol starter probiotik (1000 cc) bisa digunakan untuk membuat 5 ember probiotik, cukup irit kan ? jangan lupa bahwa khasiatnya akan sama bahkan lebih baik daripada probiotik yang kita beli, karena kandungan jumlah bakterinya bisa jadi lebih banyak dan bakteri dalam keadaan aktif. Usahakan semua peralatan dalam keadaan bersih dan steril agar hasilnya bisa maksimal. Starter probiotik yang digunakan bisa menggunakan salah satu jenis probiotik yang dijual dipasaran (EM4, Raja Lele, GDM, Probiofish dll)

Semoga bermanfaat :)

Alat dan Bahan

Pemasakan tetes untuk membunuh bakteri
Lihat juga :
1. Pakan Lele Produksi PT Petrokimia Gresik

Thursday, June 19, 2014

Pakan lele produksi PT Petrokimia Gresik (PT Petrosida Gresik)

PT Petrosida Gresik merupakan anak perusahaan dari PT Petrokimia Gresik kini telah meluncurkan pakan lele terbaru dengan merek dagang Biofisher. Pakan apung ini belum lama muncul ke pasaran.

Kandungan nutrisi pakan :
  • Protein max 30%
  • Kadar air max 10%
  • Lemak min 4%
  • Serat max 5%
  • Abu max 12%
Untuk harga relatif lebih murah dibandingkan dengan pakan pabrikan lain. Untuk daerah Tuban, harga per bulan Juni 2014 Rp. 255,000/sak (30 kg). Berikut penulis sampaikan foto penampakannya


 
 
Penulis telah menggunakan pakan ini untuk ikan lele, dan hasilnya cukup memuaskan. Ikan lebih berbobot untuk ukuran ikan yang sama dengan pakan lain. Bagi yang mau lihat pakannya, bisa datang ke kolam di daerah Jenu, Tuban Jawa Timur.
 
Terima kasih
:)
 

Wednesday, June 18, 2014

Mengintip tradisi ketupat di kecamatan Jenu, Tuban

Jenu, salah satu kecamatan di Kabupaten Tuban Jawa Timur beberapa hari lalu mulai heboh dengan janur kuning dan serba serbi ketupat. Dalam hati berfikir "apa ini udah pada mulai puasa? perasaan masih lama deh puasanya, hehe..."
 
Ternyata ini merupakan tradisi masayarakat sekitar dalam memperingati malam nifsyu sya'ban. Tradisi ini yaitu dimana setiap warga (per kepala keluarga) membuat ketupat untuk kemudian dibawa ke masjid/mushola sebelum magrib, kemudian setelah sholat magrib berjamaah mereka lalu membaca surat yasin dan doa dan dilanjutkan dengan makan bersama. Makanan yang dibawa oleh para warga dikumpulkan jadi satu lalu dimakan beramai-ramai, tua muda hingga anak-anak semua membaur jadi satu.
 
Benar-benar terasa kekeluargaan diantara para warga. Oia, makanan yang dibawa tidak terbatas hanya ketupat dan sejenisnya, roti, buah dan sayur juga menjadi pelengkap hidangan ini.
 


Thursday, June 12, 2014

Cara mengobati Lele yang sakit

Ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya pribadi, jika ada yg kurang berkenan mohon dimaafkan
Ikan sakit dikarenakan 2 hal, pertama karena faktor internal (stress), kedua karena faktor eksternal (air buruk yang berakibat serangan jamur, bakteri, virus dll)
Pengobatan ikan yang sakit karena faktor internal (stress) yaitu dengan membuat lingkungan ikan senyaman mungkin, langkahnya yaitu :
  1. Pasang aerasi yang cukup--> pengalaman cuma butuh 2 hari aerasi untuk ikan kembali bugar
  2. Sirkulasi air kolam dengan air baru, sirkulasi lebih baik daripada mengurangi air, baru ditambah air baru, karena ikan akan jadi kaget dengan lingkungan yang berubah2
Pengobatan ikan karena faktor eksternal
  1. Ganti air sebanyak 50%-100% (tergantung tingkat parahnya kondisi ikan) dengan air baru
  2. Obati dengan menggunakan daun pepaya yang masih segar lalu ditumbuk dan diberi air, lalu air ini disiramkan ke kolam yang sudah diganti airnya td rutin setiap sore, selama beberapa hari. Dengan pagi hari air diganti 10%
  3. Pengobatan dengan bahan kimia yaitu bisa menggunakan obat PK, atau Inroflox. Kalau pakai inroflox, air mesti diganti total, lalu diberi obat itu dan dipuasakan, biasanya setelah beberapa hari ikan akan sehat kembali, dan jngan lupa, setelah 1 minggu air dikuras separuh dan diganti air baru (obat ini ampuh banget menurut saya). Kalau obat PK sama saja prosedurnya
Pengobatan tingkat lanjut bisa dilakukan dengan pencampuran perasan daun pepaya atau inroflox kedalam pakan. Kalau obat PK tidak bisa dengan cara ini, karena akan meracuni ikan.
Pada intinya, lebih baik mencegah daripada mengobati, tapi kalau sudah terjadi ya silahkan diterapkan cara2 diatas, semoga bisa membantu.
 
Kedepannya kontrol kualitas air merupakan syarat wajib buat budidaya ikan. Jangan terlena karena pakai probiotik A atau B jadi air jarang diganti.
Semoga bermanfaat
Penggantian air sebelum pengobatan ikan lele

Sirkulasi air pada kolam sidat
Inroflox-12

Obat PK

Wednesday, March 26, 2014

Jalan-jalan mengintip keindahan kota Blitar

Pagi itu, Senin 24 Januari 2013 saya dan rombongan warga Mess TPPI berkumpul bersama jam 05.00 pagi. Suasana pagi yang sejuk, sedikit gelap ditambah dinginnya embun pagi yang menyegarkan mengiringi langkah kaki ku untuk turut serta dalam expedisi ini. Walaupun saat itu kepala rasanya nyut-nyutan, aku paksakan untuk ikut,"niat silaturahmi ya Allah, bismillah...".
 
Sudah jam 05.15 dan driver bus belum juga datang, sudah 5 menit telat dari jadwal keberangkatan semula. Jam 05.25 akhirnya sang driver, Pak Rahmat, datng juga. Saya dan Pak RT kemudian mengkoordinasikan peserta untuk masuk ke bus dan kendaraan lain. Kita rombongan total menggunakan 1 unit mini bus, 2 Kijang Innova, 1 Honda Stream, 1 Pajero, dan 1 Honda CRV. Rame lah pokoknya :)
 
Perjalanan ditempuh dari pukul 05.30 - 10.00 dari Tuban - Blitar (Kec. Ponggok). Sampai di Blitar, kami langsung menuju kediaman Pak Iswahyudi Sumarsono. Sungguh kaget dan surprise kami, dateng-dateng melihat pohon rambutan yang merah merah dan pendek-pendek,,jadi tinggal ambil aja pake tangan
 

 
 Setelah beristirahat di kediaman Bapak Iswahyudi, makan pagi, n ada durian juga lho...cuma karena saya sedang sakit kepala jadi ga berani makan deh :(. Lalu perjalanan dilanjutkan menuju kompleks Candi Penataran, perjalanan kurang lebih 45 menit dari rumah Pak Iswahyudi, dimana ada salah satu jalan yang amat sangat ngeri untuk dilalui. Jalan seperti cekungan yang kanan kirinya sungai, tanpa ada pembatas jalannya, beeuuhhh serem banget deh pokoknya. Mesti hati2 bagi temen2 yang berkendaraan besar melewati jalan tersebut. Cuma sayang saya tidak ambil fotonya karena ada di dalam bis. Sampai di Candi penataran, tempatnya enak, bersih, rapi, viewnya juga nostalgic banget (halah...bahasanya sok keren,,kwek kwek....) berikut saya tampilkan beberapa fotonya :)

Panorama Candi Utama
 

View dari atas Candi utama

Rombongan menuju Candi utama

Trio macan sedang berpose

Admin pasang gaya
 Dari candi Penataran perjalanan dilanjutkan ke Makam Bung Karno, ummm serem....saya ga berani ambil gambarnya, takut ada yg nampang soalnya, hehe. Jadi ini saya tampilkan foto-foto nya yang diambil oleh salah seorang anggota (Pak erfan). Oia mesti sabar kalau datang ke makam Bung Karno, soalnya ketika pulang menuju jalan keluar, temen-temen akan "dipaksa" melewati labirin pedangang2 yang suempit, huh...ga ada jalan keluar lain soalnya. Dan itu labirin cukup panjang juga lhoo...bikin pegel kaki lah, siap2 balsem aja...

 

Patung replika Bung Karno

Situasi di makam Bung Karno, warga berdoa

Pintu masuk makam Bung Karno

Pintu masuk makam Bung Karno, closer

Pendopo makam
 
Masjid di dalam kompleks makam Bung Karno
 


Perjalanan pulang sampai di tuban kami lancar, cuma agak gelap aja jalanan karena melewati hutan jati. Overall jalan2 di Blitar cukup mengasyikkan deh...hehe

to be continued for the next journey ^^



 

Friday, February 28, 2014

Amazing student

Sebuah percakapan menarik yg mungkin kita bisa ambil pelajaran darinya, selamat menyimak :)


Prof: "Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada?"

Mhs : "Betul, Dia yang menciptakan semuanya."

"Tuhan menciptakan semuanya?" tanya prof sekali lagi.

"Ya prof, semuanya" kata mahasiswa itu.

Prof: "Jika Tuhan menciptakan segalanya, berarti Tuhan menciptakan Kejahatan."

Mahasiswa itu terdiam dan kesulitan menjawab hipotesis prof tersebut. Suasana hening dipecahkan oleh suara mahasiswa lainnya.


"Prof, boleh saya bertanya sesuatu?"

"Tentu saja" jawab si Prof.

Mhs : "Prof, apakah dingin itu ada?"

"Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja dingin itu ada."


Mahasiswa itu menyangkal, "Kenyataannya, Prof, dingin itu tidak ada. Menurut hukum fisika yang kita anggap dingin itu adalah ketiadaan panas.

Suhu -460 F adalah ketiadaan panas sama sekali dan semua partikel menjadi diam dan tidak bisa bereaksi pada suhu tersebut. Kita menciptakan kata dingin untuk mendeskripsikan ketiadaan panas".

Mahasiswa itu melanjutkan,

"Prof, apakah gelap itu ada?"

Prof menjawab, "Tentu saja itu ada."

Mahasiswa itu menjawab, "Sekali lagi anda salah, Prof. Gelap juga tidak ada. Gelap adalah keadaan dimana tidak ada cahaya. Cahaya bisa kita pelajari, gelap tidak. Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk memecahkan cahaya jadi beberapa warna dan mempelajari berbagai panjang gelombang setiap warna. Tapi Anda tak bisa mengukur gelap. Seberapa gelap suatu ruangan diukur dengan berapa intensitas cahaya di ruangan tersebut. Kata gelap dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan cahaya."


Akhirnya mahasiswa itu bertanya, "Prof, apakah kejahatan itu ada?"
Dengan bimbang prof itu menjawab, "Tentu saja !"

Mahasiswa itu menjawab,

"Sekali lagi anda salah, Prof. Kejahatan itu TIDAK ADA. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan di dalam diri seseorang. Seperti dingin atau gelap, kejahatan adalah kata yang dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan di dalam diri. Tuhan tidak menciptakan kejahatan.

Kejahatan adalah hasil dari tak adanya Tuhan dihati manusia."

Profesor itu terdiam.


Tahukah Anda siapa mahasiswa itu : dia adalah ALBERT EINSTEIN

RW : [HalloPIM]