Efek Negatif dari Penggunaan Probiotik yang Buruk

Haloo para sahabat semua, kali ini saya akan berbagi pengalaman menggunakan probiotik pada budidaya ikan. Seperti yang sudah kita tahu, probiotik diperlukan untuk menjaga kualitas air dan membantu pencernaan ikan. Biasanya penggunaannya ditebarkan ke air kolam dan atau dicampurkan ke pakan.
Berbeda dengan probiotik pabrikan yang kehigienisannya sudah tinggi, probiotik produksi rumahan atau produksi sendiri cenderung kurang higienis. Mengapa ?
Karena kuman penyakit pada dasarnya ada dimana-mana, ditempat wadah, udara, bahkan ditangan kita sekalipun. Jadi, apabila kita ingin membuat probiotik sendiri, diharapkan kehigienisan baik alat maupun bahannya dijaga.
Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kehigienisan dalam membuat probiotik sendiri antara lain :
  1. Merebus semua bahan yang akan digunakan kecuali starter bakterinya. Hal ini dapat membunuh bakteri-bakteri patogen yang merugikan.
  2. Mencuci peralatan yang akan digunakan dengan sabun dan dibilas dengan air sumur baru yang mengalir (pancuran pompa air)
  3. Melewatkan udara dari aerator ke larutan garam sebelum masuk ke wadah biakan bakteri probiotik.
Efek negatif yang terjadi ketika probiotik hasil bikinan sendiri kurang higienis adalah sebagai berikut :
  1. Ikan mengalami gangguan pencernaan, diakibatkan karena adanya gangguan dari microba E. coly. Tandanya adalah nafsu makan ikan menjadi menurun setelah diberikan probiotik di dalam pakan, ikan kembung, menggantung di permukaan
  2. Air kolam menjadi mudah bau. Walaupun yang faktor pemberian pakan merupakan penyebab utama, tetapi proses penguraian amoniak merupakan tanggung jawab dari bakteri pengurai yang ada di dalam probiotik
  3. Pertumbuhan ikan lambat. Hal ini merupakan akibat yang ditimbulkan dari point 1 dan 2 di atas. Pertumbuhan ikan sangat dipengaruhi oleh kualitas pakan, dan lingkungan yang sehat. Apabila keduanya terganggu maka akan mengganggu pertumbuhan ikan itu sendiri
Demikian sedikit yang bisa disampaikan, apabila ada kekurangan admin mohon maaf :)

Semoga bermanfaat.
Salam

Comments

  1. Salam kenal!
    Saya dari team kumpulbagi. Blognya menarik;) Jika Anda mau mengembangkan blognya lagi kunjungi page kami di: www.kumpulbagi.com Semuanya gratis, cepat dan tanpa limitasi. Anda bisa upload sebanyak files (audio, video, pdf, jpg, dll.), membuat koleksi berkas dan bagikan dengan lainya. Kami tidak terhapus filenya dengan waktu batas. Anda bisa membuat koleksi dan share sama lainnya. Coba servis kami tanpa registrasi :)

    ReplyDelete

Post a Comment