Cara mengobati Lele yang sakit

Ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya pribadi, jika ada yg kurang berkenan mohon dimaafkan
Ikan sakit dikarenakan 2 hal, pertama karena faktor internal (stress), kedua karena faktor eksternal (air buruk yang berakibat serangan jamur, bakteri, virus dll)
Pengobatan ikan yang sakit karena faktor internal (stress) yaitu dengan membuat lingkungan ikan senyaman mungkin, langkahnya yaitu :
  1. Pasang aerasi yang cukup--> pengalaman cuma butuh 2 hari aerasi untuk ikan kembali bugar
  2. Sirkulasi air kolam dengan air baru, sirkulasi lebih baik daripada mengurangi air, baru ditambah air baru, karena ikan akan jadi kaget dengan lingkungan yang berubah2
Pengobatan ikan karena faktor eksternal
  1. Ganti air sebanyak 50%-100% (tergantung tingkat parahnya kondisi ikan) dengan air baru
  2. Obati dengan menggunakan daun pepaya yang masih segar lalu ditumbuk dan diberi air, lalu air ini disiramkan ke kolam yang sudah diganti airnya td rutin setiap sore, selama beberapa hari. Dengan pagi hari air diganti 10%
  3. Pengobatan dengan bahan kimia yaitu bisa menggunakan obat PK, atau Inroflox. Kalau pakai inroflox, air mesti diganti total, lalu diberi obat itu dan dipuasakan, biasanya setelah beberapa hari ikan akan sehat kembali, dan jngan lupa, setelah 1 minggu air dikuras separuh dan diganti air baru (obat ini ampuh banget menurut saya). Kalau obat PK sama saja prosedurnya
Pengobatan tingkat lanjut bisa dilakukan dengan pencampuran perasan daun pepaya atau inroflox kedalam pakan. Kalau obat PK tidak bisa dengan cara ini, karena akan meracuni ikan.
Pada intinya, lebih baik mencegah daripada mengobati, tapi kalau sudah terjadi ya silahkan diterapkan cara2 diatas, semoga bisa membantu.
 
Kedepannya kontrol kualitas air merupakan syarat wajib buat budidaya ikan. Jangan terlena karena pakai probiotik A atau B jadi air jarang diganti.
Semoga bermanfaat
Penggantian air sebelum pengobatan ikan lele

Sirkulasi air pada kolam sidat
Inroflox-12

Obat PK

Comments

  1. mohon bimbinganya mas alpin tentang penggunaan boster inroploks 25

    ReplyDelete

Post a Comment